Cara Mengtasi Penyakit Busuk Akar pada Tanaman Hias

Busuk Akar pada Tanaman Hias


 Cara Mengtasi Penyakit Busuk Akar pada Tanaman Hias - Merawat tanaman hias memang memberikan banyak manfaat seperti kondisi kondisi mental yang sehat, mempercantik tampilan lingkungan sekitar hingga membersihkan sirkulasi udara.

Namun dalam merawat sebuah tanaman hias dibutuhkan pengetahuan dan keahlian atau kepiawaian agar tanaman tumbuh sehat, subur dan tidak mudah layu.

Jika tidak memiliki pengetahuan dan keahlian dalam merawat tanaman akan berakibat buruk karena banyak hal yang akan terjadi dan sebagai orang yang merawat tanaman kita harus bisa mengatasi hal tersebut.

Beberapal hal yang akan terjadi tidak lain adalah tanaman diserang oleh makhluk parasit seperti hama yang menyebabkan kerusakan pada tanaman dan penyakit yang juga berakibat sama bahkan hingga menyebabkan tanaman mati.

Salah satu penyakit yang kerap kali menyerang tanaman yaitu busuk akar, penyakit ini harus sangat diperhatikan dan harus diatasi dengan tepat dan cepat.

Busuk akar merupakan sebuah penyakit pada tumbuhan yang menyerang di bagian akar, dan akar merupakan salah satu bagian inti dari tanaman. Maka dari itu harus diatasi dengan sigap karena dapat membuat tumbuhan layu atau bahakan mati secara tiba-tiba.


Gejala Penyakit Busuk Akar

Tanaman yang menderita penyakit busuk akar akan memperlihatkan beberapa tanda atau gejala-gejala, dan gejala itu bisa dengan mudah dideteksi sehingga bisa dengan cepat diberi solusi. Berikut adalah beberapa gejala penyakit bususk akar :

  • Pertumbuhan tanaman mulai lambat dan terhambat, Karena penyakit ini menyerang bagian akar yang merupaka bagian inti dari tanaman otomatis akan langsung berdampak pada pertumbuhan tanaman.
  • Batang yang mulai layu dan tidak kokoh, batang yang mulai layu juga menjadi salah satu dari gejala penyakit ini karena bagian akar yang sudah membusuk sehingga menyebabkan tanaman tidak berdiri dengan kokoh.
  • Tercium bau yang busuk, sama seperti namanya penyakit ini mengeluarkan bau yang tidak enak untuk dicum dan busuk.
  • Daun yang tumbuh kecil dan tidak normal, penyakit ini memang menyerang semua bagian dari tanaman. Dan tanaman yang terdeteksi penyakit busuk akar akan menumbuhkan daun yang kecil dan tidak normal jika dibandingkan dengan tanaman yang tumbuh normal dan sehat.
  • Tumbuhnya jamur disekitar tanaman, biasanya jamur yang tumbuh disekitar tanaman adalah jamur yang menybabkan tanaman terjangkit penyakit dan biasanya setiap jamur hadir dengan penyakit yang berbeda-beda.
  • Akar akan terlihat berkerut dan empuk, akar yang membusuk memang sangat berbeda jika dibandingkan dengan akar yang masih sehat dengan bentuk akar yang kokoh dan kuat.  
Beberapa poin diatas adalah gejela-gejala yang diperlihatkan ketika tanaman terjangkit penyakit busuk akar yang menjadi buah tangan dari jamur.


Solusi Penanganan Penyakit Busuk Akar

Bagaimana cara mengatsi penyakit busuk akar? Penyakit akar busus memang menjadi penyakir yang begitu merugikan tapi bukan berarti penyakit ini tidak bisa diatasi. Busuk akar akan menjadi fatal karena terlambat mengambil tindakan, jika ditangani cepat dan tepat maka tanaman akan terbebas dari penyakit dan tumbuh lagi dengan normal.

Berikut adalah beberapa cara dan solusi untuk menangani penyakit busuk akar : 
  • Lakukan pemeriksaan, hal ini dilakukan untuk mengetahui bagian mana saja yang sudah terkena penyakit dan jangan lupa untuk mengeluarkan tanaman dari dalam pot terlebih dahulu.
  • Potong bagian akar yang membusuk, untuk melakukan pemotongan disarankan agar menggunakan pisau yang bersih guna menghindari virus baru untuk menempel pada akar.
  • Buang bagian yang busuk, untuk menandakan bagian yang busuk yaitu dengan melihat warna dari dalam akar. Buang semua bagian dalam akar yang berwarna coklat dan sisakan begian yang berwarna putih.
  • Berilah vitamin pernasang akar, hal ini dilakukan agar akar dapar tumbuh dengan cepat. untuk melakukannya adalah oleskan kepada semua bagian bekas potongan pada akar.
  • Jemur di tempat yang teduh, lakukan penjemuran sekitar 2-3 hari, selama proses penjemuran usahakan agar tanaman tidak terkena hujan dan panas. 

LihatTutupKomentar