Cara Mengusir Mengendalikan Hama Semut Pada Tanaman Secara Alami

Mengendalikan Hama Pada Tanaman Hias


Cara Mengusir Mengendalikan Hama Semut Pada Tanaman Secara Alami - Dalam dunia tanaman secara biologi  "Hama" bisa juga disebut sebagai suatu orgasme yang kehadirannya pada tanaman merupakan sebuah berita buruk bagi para pecinta tanaman karena kehadiran hama pada tumbuhan memberi kerusakan mulai dari kerusakan kecil hingga kerusakan besar.

Hama atau hewan pengganggu terbagi menjadi beberapa jenis yaitu seperti hama mamalia, hama serangga dan lain-lain. Tapi tahukah kamu bahwa semut ikut andil mengambil peran di bagian hama seranga??

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil keberadaan semut sering kali mengganggu kenyamanan, bukan hanya manusia saja yang terganggu tanaman pun juga ikut terganggu atas kehadirannya.

Bagaimana mengusir semut dari tanaman? untuk mengusir semut dari tanaman banyak hal yang bisa dilakukan seperti menggunakan pestisida, tapi jika dilakukan dengan intensitas waktu yang cukup sering dapan berdampa pada kesehatan taman.

Bukan hanya pestisida, bahan alami pun juga bisa kok digunakan sebagai senjata pengendalian hama dan mengusir segala jenis semut, mulai dari semut hitam, semut merah, hingga semut rangrang pun akan kabur jika terkena bahan alami ini.. Berikut bahan alami yang dapat mengatasi masalah semut pada tanaman :

Garam Dapur

Selain digunakan untuk memasak dan memberikan rasa pada makanan, ternyata garam juga menjadi senjata ampuh untuk melawan semut walaupun tidak dapat membunuh tapi gagram dapat mengusir dan mencegah kedatangan semut.

Caranya cukup mudah yaitu yang pertama hanya dengan menaburi garam disekitar tanaman (tanah pot) atau tempat mereka biasanya datang dan yang kedua adalah dengan melarutkan garam kedalam air kemudian menyemprotkannya ke tanaman.

Bubuk Kopi

Ternyata bukan lidah manusia saja yan dapat merasakan pahitnya bubuk kopi, semut pun juga dapat merasakannya. Ini terbukti dari samut yang selalu menjauh dan menjaga jarak dengan bubuk kopi.

Cara mengusir semut menggunakan bubuk kopi sangatlah mudah yaitu hanya dengan tabur dan letakkan bubuk kopi di aera yang diserang semut, dan kamu akan bisa lihat semut akan menjauh ketika diberi atau didekatkan dengan bubuk kopi.

Bubuk Cabai

Cara mengatasi masalah hama semut pada tanaman menggunakan bubuk cabai sama dengan cara yang menggunakan bubuk kopi tadi, hanya dengan meletekkan dan menabur bubuk cabai pada titik yang diserang semut dan tempat semut itu berkumpul.

Sepertinya pedasnya cabai juga dapat dirasakan oleh kawanan semut yang selalu kabur terbirit-birit ketika dipertemukan dengan bubuk cabai.

Air Lemon / Jeruk

Berbeda dengan manusia ketika hampir semua orang sangat suka dengan perasan air lemon atau jeuk yang sangat cocok untuk melepasan dahaga, ternyata semut tidak suka dan akan menjauh ketika diberi air lemon atau jeruk.

Cara menggunakannya sama denga cara-cara yang lain yaitu mencampur bahan utama yaitu air lemon atau jeruk dengan air, kemudian tinggal disemprotkan ke tanaman agar pasukan semut menjauh.

Cuka

Bahan selnjutnya yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama semut pada tanaman ialah menggunakan cuka dapur yang biasanya digunakan untuk menambah rasa dan aroma pada makanan.

Dengan berbekal senyawa kimia yang pada larutan utamanya mengandung campuran 3 asam asetat ternyata juga ampuh untu mengusir semut yang menjadi hewan pengganggu pada tanaman.

Cara menggunakannya juga terbilang sangat mudah karena campuran yang dibutuhkan untuk mengusir semut hanya air biasa, campurkan dengan air kemudian semprotkan dengan spray dan seketika semut akan hilang dari tanamanmu.

Sabun

Sabun memang menjadi salah satu alat kebersihan yang sangat multifungsi, dari mulai untuk membersihkan, bermain, hingga ternyata bisa juga menjadi alat untuk mengendalikan hama semut pada tanaman.

Cara yang sama dengan yang lain bisa kita gunakan untuk mengusir semut yaitu mencampurkan dengan air. lalu menyemprotkan air sabun itu kepada tanaman yang sedang dikunjungi oleh semut.

 

LihatTutupKomentar