20 Jenis Tanaman Hias Gantung Outdoor Untuk Mempercantik Teras Rumah

Tanaman Hias Gantung Outdoor

 Jenis Tanaman Hias Gantung Outdoor Untuk Mempercantik Teras Rumah - Tanaman hias memiliki banyak keunikan dan nilai  jual tiap jenisnya mulai dari bentuk, warna, media tanam, hingga posisi letak tanaman.

Mencoba menggunakan pot gantunng dengan tanaman yang tentunya juga tanaman gantung bisa jadi alternatif bagi yang ingin suasana baru dan wajah baru dirumah kamu atau pun solusi bagi yang tinggal diperkotaan dengan jarak tiap rumah yang relatif sempit karena tanaman gantung tidak memakan tempat.

Tanaman gantung bisa ditempatkan dimana saja seperti jendela, dinding, teras, hingga pagar rumah pun bisa cantik seketika. Selain itu tanaman gantung juga bagus untuk meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah agar lebih segar.

Sebelum kamu memutuskan untuk memiliki dan membelinya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja jenis dan bentuk tanaman yang cocok dengan selera kamu. Berikut adalah 20 jenis tanaman hias gantung outdoor yang akan mempercantik rumahmu.


1. Petunia

Tanaman petunia telah menjadi salah satu dari tanaman yang paling pouler dan banyak orang yang berminat untuk memilikinya, mahkota bunga yang menyerupai bentuk terompet dengan warna yang bervariasi telah menjadi daya tarik tersendiri untuk bunga ini.  

Petunia memiliki ciri fisik yang dengan batang dan cabang-cabang yang lemah sehingga tidak bisa tumbuh tegak, pertumbuhannya bergantung pada pot dan berjuntai ke bawah.

2. Sedum Morganianum

Tanaman yang memiliki nama lain kaktus anggur ini membutuhkan perawatan yang hampir sama dengan kaktus karena hanya membutuhkan sedikit air dan lebih banyak sinar matahari.

Sedum Morganianum memiliki bentuk yang sangat unik dan menjadi pembeda dengan tanaman lain, hanya dengan daun yang gemuk tanaman ini berhasil menarik perhatian banyak orang.
 

3. Spanish Moss

Spanish  Moss memiliki nama lain yaitu jenggot putih, sama seperti namanya tanaman ini tumbuh bagaikan jenggot yang berwarna putih.

Tanaman ini tumbuh menjuntai ke bawah jika diletakkan di dalam pot, dan jika di alam liar jenggot putih biasanya ditemukan menjalar ke pepohonan yang tidak jarang juga dimanfaatkan oleh binatang kecil sebgai sarang. 

4. Black Eyed Susan Vine

Tanaman yang ke empat adalah black eyed susan vine yang menjadi salah satu dari bagian tanaman gantung yang berbunga.

Black eyed susan vine memiliki ciri pembeda dengan tanaman lain, walaupun memiliki warna yang cukup bervariasi walaupun tidak banyak tapi yang menjadi pembeda adalah warna hitam dibagian tengah bunga yang seakan-akan seperti mata.

5. Begonia

Tanaman selanjutnya adalah Begonia, tanaman ini hanya cocok diletakkan ditempat yang cukup teduh karena memiliki akar yang cukup sensitif. Akar begonia tidak tergenang air seperti kena hujan karena sangat rentan membusuk.

Walaupun memiliki akar yang cukup sensitif tapi tanaman ini memiliki kelopak bunga yang sangat indah karena terdiri dari warna merah, orange, dan merah muda.

6. Ivy

Selanjutnya adalah tanaman dengan naman Ivy atau hedera, tumbuh dengan cara menjalar dan memberi kesan yang apik. 

Tanaman ini juga banyak diminati apalagi dengan cara ivy  tumbuh yang bisa diletakkan di dalam dan luar ruangan. 

7. Zygocactus

Tanaman Zygocactus juga menjadi tanaman yang bagus untuk menghiasi rumah walaupun memmbutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk tumbuh dari tanaman lain.

Hal yang menarik dari zygocactus adalah ketika tanaman lain akan rusak ketika terpapar sinar matahari terlalu banyak, tanaman ini malah membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh.

8. Geranuim

Geranium dapat tumbuh subur di tempat yang cukup cerah kerena membutuhkan cayaha sedikit lebih banyak dan agar warna dari bunga lebih memancar. 

Tanaman geranium yang mendapatkan pencahayaan yang cukup dapat mengeluarkan warna-warna cantik seperti ungu, merah, merah muda, dan putih.

9. Lantana

Lntana berasal dari beberapa daerah di eropa, tanaman ini biasanya tumbuh pada ketinggin 1.700mdpl dengan ciri fisik memiliki cabang yang panjang-panjang. 

Dan banyak orang yang mengakui bahwa tanaman ini tidak hanya sebagai hiasan saja tapi juga memiliki beberapa fingsi di dunia medis.

10. Sweet Alyssum

Tanaman selanjutnya adalah sweet alyssum, bunga ini akan menjadi teman yang baik dalam menikmati waktu dan pelengkap harimu dengan keindahan dan harum wangi yang dikeluarkan oleh bunga ini.

Sweet alyssum dapat tumbuh diberbagai tempat mulai dari tanah berpasir hingga di dindingpun juga dapat tumbuh, dan tanaman ini hanya butuh sedikit perawatan untuk tumbuh.

11. Portulaka

Portulaca atau mawar lumut adalah tanaman tropis  yang begitu indah. Dengan kombinasi dedaunan seperti duri dan kelopak bunga yang terdiri dari warna-warni nan begtu indah menjadikan bunga ini sangat sempurna.

12. Sirih Blaster Heart

Meskipun bentuknya sama seperti daun sirih biasa tapi dengan tampilan minimalis dan bentuk dain yang seperti membentuk love tanaman ini juga dapat mempercantik tampilan rumah.

13. Dischida Geri

Tanaman dischia geri ini cukupmudah dalam hal perawatan karena hanya butuh tempat yang teduh dan tidak terpapar terik sina matahari karena dapat berdampak buruk bagi tanaman.

Tampil dengan warna hijau yang begitu segar tidak heran jika tanaman ini banyak di letakkan didekat pintu karena memberikan kesan yang cukup asri dan menyegarkan.

14. Pansy

Pansy adalah tanaman yang tumbuh lebih cepat pada saat musim panas dari pada musim dingin, musim hujan, dan musim-musim lainnya. 

Keindahan bunga pansy ini pun akan lebih memancar ketika pada musim panas karena memiliki warna yang begitu cerah sehingga keindahannya begitu memancar.

15. Fuchsia

Fuchsia adalah bunga elegan yang ditemukan didataran eropa, bunga yang penuh warna-warni ini hampir sama seperti pansy yang memancarkan keindahan maksimal pada saat musim panas.

Untuk mndapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan usaha yang sedikit lebih ekstra utnuk perawatan pada bunga ini, yang paling wajib adalah memastikan bahwa tidak ada serangga yang mengganggu pertumbuhan bunga.

16. Pelargoniums

Pelargoniums atu biasa juga disebut sebagai geranium, tanaman ini akan sangat indah jika diletakkan didepan rumahmu.

Tanaman ini memiliki ciri batang yang panjang dan tidak tegap menjadikan bunga ini tumbuh menjulang kebawah, meskipun begitu tapi tetap tidak mengurangi kecantikn dari tanaman ini.

17. Peperomia Hope

Tanaman selanjutnya yaitu peperomia hope, dengan warna hijau terang dan bentuk daun yang seperti menyerupai sendok makan, bulat yang hampir menyerupai lingkaran sempurna dan sedikit cekung kedalam memberikan kesegaran disekitar rumah.

Perawatan tanaman bisa dibilang cukup mudah, hanya perlu sedikit pencahayaan hingga daunn berwarna hijau gelap kemudian pindahkan ke tempat semula yaitu tempat yang teduh.

18. Lili Paris

Tanaman lili paris memiliki daun yang cukup panjang dan berbeda dengan yang sebelumnya, tanaman ini tumbuh keatas dan tidak menjuntai. 

Perawatan dari lili paris ini sangatlah mudah karena tanaman ini sangatlah mudah beradaptasi disetiap kondisi.

19. Tradescantia

Tradescantia berasal dari eropa menjadi salah satu tanaman yang cukup unik karena walaupun tidak memiliki bunga tanaman ini tidak hanya terdiri dari warna hijau saja tapi ada warna lain seperti ungu, putih.

Untuk perawannya sendiri juga cukup mudah karena tradescantia menyukai terkena paparan sinar matahari tapi hanya setengah, dan biasanya yang terpapar sinar matahari memiliki warna yang lebih mencolok dan menarik perhatian..

20. Nasturtium

Tanaman yang terakhir adalah Nasturtium, tanaman ini sangat cocok untuk orang yang tidak sabar dan ingin tumbuhannya cepat tumbuh karena bunga ini tumbuh dengan sangat cepat.

Bukan hanya tumbuh yang cepat saja, tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan yang intens bahkan untuk tanah tanaman ini tidak terlalu suka dengan tanah yang bagus dan tidak membutuhkan pupuk yang banyak.
LihatTutupKomentar