Jenis Tanaman Hias Indoor dengan Bentuk dan Sifat yang Unik

Tanaman Hias Indoor


Jenis Tanaman Hias Indoor dengan Bentuk dan Sifat yang Unik - Memiliki bentuk dan sifat yang berbeda menjadi nilai tersendiri dan sebuah daya tarik bagi tanaman hias.

Apalagi dengan proses pertumbuhan yang tidak terlalu susah dan bisa ditempatkan didalam ruangan. Banyak yang ingin memulai berkebun tapi terkendala dengan lahan atau tempat, tanaman hias indoor bisa jadi solusi terbaik.

Bukan hanya sebagai solusi lahan atau tempat yang tidak cukup saja, tanaman hias indoor banyak dicari karena kerap kali mempercantik dekorasi rumah. 

Jadi dengan memelihara tanaman indoor secara tidak langsung mendapatkan banyak keuntungan mulai dari hiasan ruangan hingga membersihkan sirkulasi udara yang menyebabkan udara lebih bersih, asri dan segar.

Sebelum memulai dan memilih tanaman untuk dirawat ada baiknya dipertimbangkan dulu bentuk dan cara merawatnya supaya lebih maksimal dan puas dalam hal merawatnya.

Tapi apakah kamu tahu bahwa beberapa tanaman hias memiliki bentuk dan sifat yang unik jika dibandingkan dengan tanaman yang lain, seperti yang berbentuk batu, seperti wajah monyet, dan bahkan ada juga yang bergerak untuk menagkap mangsa.

Berikut adalah daftar jenis tanaman hias indoor yang memiliki bentuk dan sifat yang unik tapi tetap bisa memperindah rungan:


1. Lithops

Sekilas tanaman lithops terlihat seperti batu biasa hingga dinamai sebagai tanaman kerikil atau juga disebut dengan batu hidup.

Bentuk lithops yang seperti batu ini juga bermanfaat untuk menghindari pemangsa atau perusak tanaman, dengan begitu lithops dapat tumbuh dan berkembang dengan aman.

Lithops memiliki daun berbentuk bulat yang tiap batangnya memiliki satu pasang daun atau lebih, dan sebagian besar dari daun bulat itu sebenarnya berada dibawah permukaan tanah.

 

2. Resurrection

Resurrection memiliki naman latin "Selaginella Lepidophylla", tanaman yang berasal dari gurun pasir di Timur Tengah ini juga biasa dikenal sebagai tanaman kebangkitan.

Yaah tanaman kebangkitan memang nama yang cocok untuk disematkan karena dpat bertahan hidup meski mengalami kehilangan kadar air hingga 95%, dan hal itu dialami tanpa mengalmi sedikitpun kerusakan.

Tanaman Resurrection akan mengerut dan membentuk bulat ketika kadar air telah berkuran dan akan mengembang lagi jika diberi air.

Tanaman ini terkenal karena kemampuan bertahan hidup di cuaca dengan panas yang sangat ekstrem, dan dapat ditemukan di daerah gurun pasir yang sudah dikethui semua orang bahwa setiap gurun memiliki kondisi dengan tingkat kekeringan yang tinngi.


3. Venus Flytrap

Tanaman Venus Flytrap atau penangkap lalat venus merupakan tanaman yang berasal dari pantai timur Amerika Serikat. Yang menarik dari tanaman ini bukan hanya bentuknya saja tapi juga memiliki kemampuan yang unik.

Bentuk fisik seperti dua tangan yang seakan-akan bersiap akan menagkap sesuatu, dan benar tanaman ini akan menangkap apapun yang menyentuhnya.

Biasanya yang menjadi korban adalah serangga-serangga kecil yang lewat, dan hal itu biasanya disebabkan karena serangga menyentuh bulu-bulu sensitif yang terletak didalam permukaan daunnya.


4. Monkey Orcid

Monkey Orchid yang biasa juga dikenal sebagai anggrek monyet adalah salah satu tanaman yang memiliki bentuk yang sangat unik dan langka karena memiliki bunga yang menyerupai wajah seekor monyet.

Bunga anggrek monyat dapat ditemukan didaerah dataran tinggi yaitu pegunungan dengan ketinggian 1.000 hingga 2.000 meter dengan suhu sekitar 26 derajad celcius.

Walaupun memiliki bentuk seperti monyet tapi bunga ini memiliki aroma yang harum, dan merawatnya pun sepertinya mudah karena dapat mekar di semua musim.


5.  Oxalis Plant

Oxalis plant dikenal di Indonesia dengan nama calincing kupu, atau bunga kupu-kupu. Oxalis sendiri telah menjadi tanaman hias indoor yang banyak dirawat.

Bunga kupu-kupu menjadi populer sebagai tanaman hias indoor karena bentuknya daunnya yang cukup unik dan berbentuk kupu-kupu.

Selain memiliki bentuk yang cukup unik, warna pun juga menjadi daya tarik karena cukup pekat dan memancar.

6. Baby Toes

Baby Toes memiliki nama yang familiar di Indonesia yaitu tanaman kaki bayi dengan naman latin Fenestaria Rhopalophylla. 

Walaupun berasal dari daerah gurun sub tropis tapi tanaman ini juga cocok untuk dijadikan hiasan mempercatik sebuah ruangan karena bentuknya yang cukup menarik dan menggemaskan.

Memiliki bentuk unik seperti sebuah batu atau sekila terlihat seperti jari kaki bayi, menjadi daya tarik tersendiri bagi tanaman ini karena cukup  beda dari yang ainnya

LihatTutupKomentar